Saturday, February 10, 2018

Tiga type ayam unik dan langka di dunia


Di dunia ada beragam tipe ayam yang menarik dan unik, disebut unik karna ayam – ayam ini memiliki postur dan bentuk yang berbeda pada ayam umumnya. Ayam jadi hewan yang paling banyak di budidayakan, kecuali di gunakan untuk sabung ayam pw ayam banyak di gunakan untuk hias untuk pengagum ayam hias, selain itu ayam umum nya di diternak untuk menggunakan telur dan daging pada ayam itu. Hal begini karna ayam yakni satu di antara sumber protein yang di butuhkan oleh manusia. Berikut ini kami rangkumkan pada anda Tiga tipe ayam unik dan langka di dunia :

1. ayam dong tao
ayam yang datang dari viernam persisnya khoai chau dekar kota hanoi, memiliki ayam yang berpenampilan demikian dan kasar ini tegolong hewan langka, konon pada jaman dahulu satu kerajaan mengembangbiakan ayam itu untuk di sajikan dan dikonsumsi oleh keluarga kerajaan. namun berbarengan perubahan jaman sekarang ini ayam itu sudah tersaji di restoran mewah, harga untuk ayam dong tao hidup nya sekian fantastik bisa mencapai 16juta rupiah perekornya. dong tao memiliki postur tubuh yang besar, mempunyai kaki yang besar dan cakar yang sama saja dengan kaki naga yang berwarna kemerahan. bagian yang buat ayam ini memiliki harga selangit yaitu tingkat kesulitan perubahan dari ayam itu karna ayam dong tao ini sekian sensitif pada perubahan cuaca dan telur yang dapat di hasilkan juga lebih lebih sedikit dari ayam umumnya. untuk system pengeramannya kaki ayam dong tao ini jadi penghambat system nya peneraman karna banyak jalan ayam dong tao menginjak telur dan anak ayam yang berada di kandangnya. sebaiknya system pengeramnya di bantu oleh mesin penetas agar dapat mengecilkan kesempatan telur dan ayam yang terinjak oleh ayam dong tao.

2. ayam cemani
ayam yang datang dari negara indonesia, jadi popular dengan kekhasan dari warna tubuh nya yang semuanya warna hitam. bahkan organ dan darah dari ayam cemani berwarna hitam pekat. ayam cemani ini pernah di ekspor ke eropa pada th. 1998 dan dikaitkan dengan black chicken swedia. Di indonesia sendiri ayam cemani sering dikaitkan dengan terdapatnya beberapa hal yang berbau mistik atau gaib, sering di jadikan sesajen untuk ritual gaib. hingga saat ini ayam cemani ini sudah termasuk langka di indonesia karna hanya tinggal beberapa himpunan peternak dan petani yang tetap masih berusaha membudidayakan dan melestarikan ayam cemani ini didaerah kedu.

3. ayam Onagadori
ayam unik dengan kekhasan pada ekor panjangnya yang bisa mencapai 10meter ini tidak heran bila banyak pengagum ayam hias di jepang sukai pada ayam tipe onagadori, bahkan kaisar jepang menjadikan ayam ini jadi hewan peliharaannya. Onagadori ini mempunyai arti unggas yang paling terhormat dan yaitu gelar tertinggi yang diberi kepeda seekor ayam di jepang. karna kekhasan dan keindahan dari ayam onagadori jadi kaisar jepang memutuskan buat perlindungan dan melestarikan ayam onagadori ini.
Di negara Jepang sendiri tak ada catatan yang pasti tentang asal mula ayam onagadori ini, tetapi diakui yakni hasil mutasi dari peternakan Shokoku saat periode Edo (1600-1868). Hal begini berdasar pada sejarah dengan lisan yang bercerita bila pangeran yang kuasai tempat Yamanouchi di prefektur kochi yang ada di daerah semenanjung selatan Shikoku juga mempunyai tombak serta pelindung kepala yang dihiasi bulu ayam yang panjang dalam menghadiri acara-acara spesial untuk menghormati kaisar Teno saat itu. Dengan terdapatnya sejarah lisan itu jadi diakui peluang besar asal mula ayam tipe ini datang dari satu peternakan di Shokoku.

Itu beberapa tipe yang ayam terunik dan langka di dunia, terima kasih sudah membaca dan semoga saja dapat berikan anda sedikit pengetahuan.

No comments:

Post a Comment